19 November 2020 09:20 WIB

Hyundai “N” Memberikan Performa Ekstra Dari Mobil Hyundai

Sporty dan menyenangkan tentunya merupakan keinginan beberapa orang. Namun, tidak mudah rasanya membuat sebuah resep sporty yang pas dari sebuah mobil. Untuk itu, seringkali dibuat divisi khusus untuk berfokuskan pada area tersebut.

Bagi Hyundai, divisi tersebut adalah divisi N. Semua difokuskan pada performa dan kesenangan mengemudi.

N sendiri dipilih dari nama depan Kota Namyang dimana pusat R&D Hyundai terletak dan sekaligus menjadi tempat dibentuknya Hyundai N. Selain itu, N juga merepresentasikan Nurburgring dimana Hyundai banyak mengetes performa mobil mereka.

Merek N sendiri pertama kali diperkenalkan pada Desember 2013 beserta dengan logonya. Saat itu juga, Hyundai memperkenalkan mobil mereka yang akan digunakan untuk ajang World Rally Championship pada tahun 2014, yaitu Hyundai i20 WRC.

Mobil tersebut pun sukses, i20 WRC mendapatkan 4 podium dan meraih posisi keempat secara keseluruhan pada akhir musim WRC.

Pada tahun 2015, Hyundai memperkenalkan konsep mobil mereka yang sudah dirancang dan direncanakan sejak tahun 2012, yaitu N 2025 Vision Gran Turismo pada ajang Frankfurt Motor Show.

Setelah beberapa kali mengembangkan mobil khusus balap yang penuh kesuksesan, Hyundai dan N akhirnya merilis mobil performa produksi massal mereka, yaitu Hyundai i30 N yang menarik perhatian sampai-sampai memenangkan penghargaan “Game Changer” oleh majalah Autocar.

Pada tahun 2018, Hyundai pun memilih Thomas Schemera untuk mengepalai divisi performa karena pengalamannya yang banyak mengenai mobil performa, terutama mobil performa Eropa yang terkenal lincah dan bertenaga.

Setelah sukses dengan i30 N, Hyundai dan N mengambil langkah selanjutnya dengan memproduksi Hyundai Veloster N. Mobil ini memiliki mesin yang sama dengan i30 N, yaitu 2.000cc turbo dengan tenaga hingga 250 PS.

Setelah itu, agar tidak mengeluarkan mobil yang berupa hatchback saja, Hyundai N pun merilis Hyundai i30 Fastback N yang memiliki tampilan selayaknya sedan dengan bagian belakang yang lebih landai dan menurun.

Ketiga mobil ini pun menjadi ciri khas Hyundai N, mobil kompak berpenggerak roda depan yang menyenangkan dan tentunya berfokus pada pengemudi.

Tak hanya full performa, Hyundai juga menawarkan varian N-Line pada beberapa mobilnya di luar negeri. Versi N-Line bukanlah Hyundai N 100%, namun memiliki tambahan bumbu sporty seperti desain yang berbeda dan suspensi yang diperkeras untuk menunjang rasa mengemudi.

 

Share